8 Jajanan Khas Kota Bandung yang Melegenda Sampai Sekarang

Bagi kamu pecinta kuliner, kota Bandung tentunya menawarkan sejuta pesona untuk diburu berbagai jenis kulinernya, baik itu dari jajanan murah sampai makanan mahal di kafe ternama. Nah, buat kamu yang mengaku suka banget jajan, berikut adalah jajanan khas kota Bandung yang paling enak dan paling banyak dicari untuk dinikmati.

1. Mie kocok
Bisa dibilang makanan berkuah ini cuma bisa kamu temukan di Bandung. Perpaduan mie pipih, tauge dan kulit sapi dengan kuahnya sangat menggoda ini paling enak dinikmati saat masih panas dengan tambahan sambal pedas dan juga kerupuk aci. Penjual mie kocok yang terkenal di Bandung dan bisa kamu kunjungi contohnya seperti Mie Kocok Mang Dadeng yang ada di jalan Banteng dan mie kocok yang ada di Jalan Kebon Kawung (depan kartika sari).

2. Surabi oncom
Makanan berbahan dasar tepung terigu ini sangatlah pas dimakan di pagi hari ataupun sore menjelang malam. Dengan taburan oncom yang telah dimasak dengan rempah-rempah sangatlah nikmat untuk dimakan. Kini, variasi surabi ini sudah beragam, namun bagi kamu yang lidahnya tradisional, surabi oncom tetaplah varian rasa yang paling juara. Penjual surabi biasanya banyak ditemukan dipinggir-pinggir jalan, namun yang terkenal saat ini terdapat di daerah Setiabudi. Sedikit bocoran juga, penjual surabi oncom yang paling mantap saat ini ada di daerah Sukahaji, Gegerkalong, Bandung.

3. Colenak
Mungkin masih ada beberapa orang yang belum tahu apa itu colenak. Jadi, colenak sendiri merupakan kependekan dari dicocol enak, yaitu makanan yang dibuat dari bahan dasar tape singkong atau peuyeum yang disiram dengan kuah gula merah dan taburan kelapa parut di atasnya. Camilan ini paling enak jika dinikmati sambil minum teh panas di sore hari sambil bersantai. Pernah coba?

4. Siomay dan batagor
Makanan selanjutnya adalah siomay dan batagor. Saking gurih dan nikmatnya, makanan ini tidak hanya terkenal di Bandung, tetapi hampir di seluruh daerah di Indonesia. Kalau orang Bandung sendiri menyebut siomay dengan baso tahu padahal isinya selain siomay, ada tahu, pare, kol gulung, tahu goreng, kentang, dan juga telur. Sedangkan batagor sendiri merupakan varian dari baso tahu yang digoreng (disingkat batagor). Kedua jenis camilan ini sama-sama diberi bumbu kacang dan bisa juga diberi tambahan kuah. Saat ini, siomay atau batagor yang terkenal yaitu Batagor Kingsley (Kingsley) yang ada di Jalan Veteran ataupun Burangrang.

5. Lotek dan karedok
Sebetulnya kedua makanan ini terdiri dari jenis sayuran yang hampir sama, hanya saja lotek biasanya disajikan dengan sayuran yang sudah matang sedangkan karedok disajikan dengan sayuran yang masih mentah. Lotek dan karedok sama-sama diberi bumbu ulekan kacang dan bumbu-bumbu lainnya seperti kencur, bawang putih, cabe rawit, garam, gula merah. Makanan ini sangat cocok bagi anda penyuka sayuran dan bagi vegetarian. Untuk mendapatkan makanan ini, tempat yang cukup terkenal yaitu daerah Kalipah Apo dan Jalan Badak Singa.

6. Cireng dan cilok
Kedua makanan ini sama-sama berbahan dasar tepung tapioka alias aci. Yang satu digoreng (cireng : aci digoreng) dan yang satunya lagi dikukus (cilok : aci dicolok).

jajanan khas bandung
Image: Resep Cara Masak
Makanan murah meriah ini sangat mudah ditemukan dipinggir jalan terutaman untuk jajanan anak sekolah. variasi dari cireng dan cilok juga sudah mulai beragam dengan berbagai isian dan cara penyajian.

7. Es lilin
Makanan yang satu ini cukup melegenda sampai dijadikan sebuah lagu. Dulu, biasanya penjualnya membawa semacam gerobak keliling dan diedarkan dari kampung ke kampung. Namun, saat ini cukup sulit untuk membeli es lilin yang dijajakan keliling karena pamornya yang kalah dengan es krim yang dijual di minimarket ataupun warung-warung.

8. Bandrek dan bajigur
Kedua jenis minuman ini sangatlah enak bila dinikmati saat hujan karena rasanya yang hangat dan menenangkan. Bila suka dengan yang hangat pedas, kamu tentu bakalan memilih bandrek, dan sebaliknya bila suka yang hangat manis gurih tentu kamu bakalan memilih bajigur. Masih banyak yang menjual kedua minuman ini secara keliling biasanya juga menjual kacang, ciu (aci cau atau tepung tapioka pisang) dan jagung rebus. Namun bila susah mencari yang jualan keliling, sekarang juga sudah tersedia yang kemasan praktis.

Leave a Comment